hai.... welcome to my blog :)Jangan lupa follow dan komen ya...

Jumat, 08 April 2011

Leukimia adalah jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Sunsum tulang ini dalam tubuh manusia memproduksi tiga tipe sel darah. Diantaranya sel darah putih yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh melawan infeksi. Sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke dalam tubuh. Platelet bagian kecil sel darah yang membantu pembekuan darah.

Tanpa penanganan serius, seseorang yang mengalami kelainan darah tidak akan bertahan hidup lama. Kelainan darah umumnya sudah terjadi sejak kecil karena merupakan turunan atau bersifat genetik. Meskipun merasa sakit, anak-anak biasanya tidak bisa mengenali penyakit pada tubuhnya. Karena itu, perhatian orang tua tidak boleh luput dari anak. Sebab, bisa jadi, keluhan sang anak merupakan gejala dini adanya penyakit serius. Semakin cepat diperiksa, semakin besar kemungkinan anak sembuh. "Jangan remehkan setiap keluhan anak," kata dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, Edi Setiawan. 

Penyakit ini juga ditandai dengan beberapa gejala; mudah terserang penyakit, infeksi, anemia, dan pendarahan, nyeri tulang dan persendian, nyeri perut, pembengkakan kelenjar limpa, kesulitan bernafas.

Penanganan dan pengobatan leukimia antara lain dengan; chemotherapy/intrathecal medications, therapy Radiasi. Metode ini sangat jarang sekali digunakan, transplantasi bone marrow (sumsum tulang), pemberian obat-obatan tablet dan suntik, transfusi sel darah merah atau platelet.

12 komentar: